aplikasi pembelian dan penjualan barang elektronik pada toko


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
        Perkembangan teknologi saat ini menuntut seseorang untuk dapat selalu mengikuti kemajuan yang ada, baik dibidang pendidikan, pemerintahan maupun swasta. Teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan serta menjadikan kinerja menjadi lebih efektif dan efesien. Pengolahan data menggunakan sistem terkomputerisasi sangat membantu pihak manejemen dalam melakukan aktivitas
sehari-harinya.
        Begitu juga yang terjadi pada lingkungan sehari-hari seperti misalnya pada toko elektronik Arta Buana Batang Tarang. Toko ini bergerak dibidang penjualan barang-barang elektronik misalnya televisi, radio, sound system dan lain sebagainya. Namun dalam hal pengolahan datanya masih menggunakan cara yang manual baik transaksi pembelian barang maupun penjualan barang. Hal ini masih dikatakan kurang efektif dan efesien mengingat perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat.
        Agar dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan dengan baik dan benar serta efektif maka diperlukan suatu aplikasi dengan sistem komputerisasi agar dalam pengolahan datanya lebih akurat dan valid. Salah satu bahasa pemrograman yang dapat melakukan aplikasi pengolahan data pembelian dan penjualan ini adalah Microsoft Visual Foxpro 9.0. Aplikasi ini dapat membantu seseorang untuk dapat membuat program aplikasi pengolahan data dengan sistem komputerisasi tanpa menggunakan manual lagi karena program ini berbasis windows.
        Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengambil judul tentang aplikasi pembelian dan penjualan barang elektronik pada toko Arta Buana Batang Tarang Kab. Sanggau yang bertujuan agar pihak manajer dapat mengefektifkan serta mengefesienkan kinerja sehari-hari dengan sistem komputerisasi yang mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Dengan demikian diharapkan dapat membantu kinerja karyawan serta pihak toko dalam menjalankan aktivitasnya.
1.2    Ruang Lingkup Permasalahan
    1.2.1    Permasalahan
            Adapun yang menjadi permasalahan adalah “Bagaimana merancang aplikasi pembelian dan penjualan barang elektronik pada Toko Arta Buana di Batang Tarang Kab. Sanggau agar lebih efektif dan efesien?
    1.2.2    Pembatasan Masalah
            Agar lebih terarah dan tidak menyimpang maka penulis membatasi masalah pada:
        1.    Perancangan aplikasi pembelian dan penjualan barang elektronik pada Toko Arta Buana di Batang Tarang Kab. Sanggau menggunakan Visual Foxpro 9.0
        2.    Hasil perancangan aplikasi pembelian dan penjualan barang elektronik pada Toko Arta Buana di Batang Tarang Kab. Sanggau dalam bentuk hasil laporan transaksi.
1.3    Tujuan dan Manfaat Penulisan
    1.3.1    Tujuan Penulisan
                Adapun tujuan penulisan antara lain:
        1.    Untuk mengetahui perancangan aplikasi pembelian dan penjualan barang elektronik pada Toko Arta Buana di Batang Tarang Kab. Sanggau menggunakan Visual Foxpro 9.0
        2.    Untuk mengetahui hasil perancangan aplikasi pembelian dan penjualan barang elektronik pada Toko Arta Buana di Batang Tarang Kab. Sanggau menggunakan Visual Foxpro 9.0?
    1.3.2    Manfaat Penulisan
        1.    Bagi Penulis
                    Dengan adanya penulisan ini penulis dapat menerapkan ilmu yang telah didapat selama bangku kuliah serta dapat menambah wawasan mengenai penerapan langsung aplikasi sistem komputerisasi ke dunia nyata.
        2.    Bagi Toko Arta Buana Batang Tarang
                    Manfaat yang didapat oleh toko Arta Buana Batang Tarang ini adalah dapat mengetahui manfaat penting dari pengolahan data penjualan dan pembelian dengan sistem komputerisasi yang pada akhirnya akan membantu proses kinerja menjadi lebih efektif dan efesien dengan tingkat keakuratan data yang tinggi.
        3.    Bagi umum
                    Sebagai sumbangan pemikiran agar memperoleh ilmu pengetahuan dari hasil penelitian juga sebagai bahan masukan yang merupakan informasi bagi akademik khususnya Amik Panca Bhakti Pontianak.
1.4    Metode Penelitian
    1.4.1    Bentuk Penelitian
                Adapun bentuk penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah bentuk penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu keadaan tertentu berdasarkan fakta dan data yang ada selama penelitian dilakukan.
    1.4.2    Teknik Pengumpulan Data
                Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti antara lain:
        1.    Observasi
                    Observasi yaitu pengamatan langsung dilapangan dalam hal ini adalah pada Toko Elektronik Arta Buana Batang Tarang untuk mendapatkan informasi untuk mendukung penelitian.
        2.    Wawancara
                    Wawancara yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara menanyakan langsung apa yang menjadi permasalahan kepada narasumber yang dianggap dapat memberikan data dan informasi yang akurat mengenai judul yang diangkat penulis.
        3.    Studi Kepustakaan
                    Teknik ini dilakukan dengan mengumpulkan berbagai macam literatur-literatur, buku referensi yang menyangkut teori-teori pendukung untuk melengkapi penulisan ini agar lebih akurat dan valid.
1.5    Sistematika Penulisan
        Adapun sistematika penulisan skripsi ini yaitu terdiri dari 5 (lima) bab yaitu:
    BAB I PENDAHULUAN
        Dalam bab ini berisi tentang latar belakang, permasalahan, pembatasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian serta teknik pengumpulan data.
    BAB II LANDASAN TEORI
        Dalam bab ini berisi tentang teori-teori pendukung yang menyangkut dengan permasalahan yang diambil oleh penulis.

    BAB III PERANCANGAN APLIKASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK PADA TOKO ARTA BUANA BATANG TARANG KAB. SANGGAU
        Pada bab ini membahas hasil perancangan aplikasi yang diserrtai pengujian program aplikasi yang dibuat oleh peneliti menggunakan Microsoft Visual Foxpro 9.0   
    BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
        Pada bab ini merupakan hasil kesimpulan dan saran atas bahasan yang telah dibahas pada bab sebelumnya.

KLIK DISINI UNTUK PEMESANAN SOURCE CODE

4 comments:

Silahkan Anda berkomentar atau Anda juga bisa bertanya, dan akan dijawab sebisa mungkin..

Recent Posts With Thumbnails v3

Recent Posts With Thumbnails v3

Recent Posts With Thumbnails v3