Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Pada Hotel Berbasis Web PHP MySQL


 
KODE: A6
A. Judul:
Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Pada Hotel Secara Online Berbasis WEB

B.    Latar Belakang Penelitian
        Perkembangan teknologi dan informasi pada saat sekarang ini sudah sangat kompleks dan maju serta menjalar disemua bidang baik bidang industri, perusahaan, pendidikan dan pemerintahan. Perkembangan ini tidak luput dari adanya keinginan dan kebutuhan seseorang untuk dapat melaksanakan aktivitas dan kerja seseorang agar mudah, efektif dan efesien melalui teknologi yang ada.
        Untuk dapat mewujudkan sistem kinerja suatu perusahaan agar kinerja tersebut menjadi lebih terarah, efektif dan efesien serta mempunyai sistem informasi yang akurat dan valid harus didukung oleh sumber daya manusia dan sumber daya lainnya seperti perangkat sistem informasi dan teknologi dalam hal ini adalah sistem komputerisasi. Sistem komputerisasi ini sudah banyak sekali diterapkan dinegara-negara yang maju bahkan negara yang sedang berkembang juga misalnya Indonesia sudah berupaya untuk menerapkan sistem komputerisasi disegala bidangnya. Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah dalam pengolahan datanya.
        Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang harus menerapkan sistem teknologi dan informasi dalam pengolahan datanya agar lebih akurat dan valid adalah Hotel . Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan penyewaan kamar yang menyediakan fasilitas-fasilitas inap yang terdiri dari berbagai macam jenis kamar dengan tarif yang telah ditentukan. Terlalu kompleksnya berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan jasa ini, maka dari itu dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat membantu kinerja Hotel ini agar dalam pelaksanaan kegiatan sehari-harinya berjalan lancar dan data yang diproses juga menjadi lebih akurat.
        Hotel  ini merupakan hotel yang dikatakan masih hotel yang sedang berkembang dengan sistem yang serba manual. Disisi lain, teknologi dan informasi saat ini sudah semakin maju dan menuntut seseorang untuk dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sistem yang ada pada Hotel khususnya Hotel  yang melalakukan sistem pemesanan sewa kamar, check-in, check-out dan ditambah fasilitas-fasilitas tambahan lainnya misalnya laundry dan sebagianya. Sistem tersebut harus diubah dan diinovasi menjadi suatu sistem yang bersifat komputerisasi agar data yang diolah menjadi lebih akurat dan tepat dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang modern saat ini.
        Adanya pengolahan data penyewaan kamar dengan sistem yang masih manual menyebabkan lambatnya kinerja karyawan serta besarnya kemungkinan terjadi kesalahan dalam pencatatan data tamu. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem informasi yang berbasis komputerisasi mengingat perkembangan teknologi yang sudah semakin maju, maka dari itu penulis berinisiatif dan sangat tertarik sekali mengambil judul tentang Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar pada Hotel Berbasis Web Online

C.    Permasalahan
         Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka permasalahan yang diangkat oleh penulis dalam penelitian ini adalah “Bagaimana cara mengoptimalkan sistem informasi pengolahan data berupa penyewaan kamar yang terkomputerisasi dengan baik untuk digunakan oleh Hotel sehingga dapat meningkatkan pelayanan terhadap tamu agar memperlancar kegiatan operasional Hotel?”

D.    Pembatasan Masalah
         Mengingat begitu luasnya penelitian yang diambil oleh penulis, maka agar penelitian ini tidak menyimpang dari pokok permasalahan penulis membatasi masalah pada perancangan sistem informasi pengolahan data pemesanan kamar secara tunai pada Hotel  yang menyangkut pemesanan kamar, check-in dan check-out, laporan tamu secara komputerisasi.

E.    Tujuan Penulisan
        Adapun yang menjadi tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menghasilkan suatu sistem informasi pemesanan kamar pada Hotel yang menyangkut pemesanan kamar, check-in dan check-out dan pembuatan laporan sehingga menciptakan efektivitas dan efesiensi kinerja karyawan.

F.    Manfaat Penulisan
        Adapun manfaat yang dirasakan dari penelitian ini antara lain:
    1.    Bagi Penulis
            Manfaat yang dirasakan oleh penulis dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk sistem informasi pada Hotel  dengan menggunakan web PHP MySQL yang diterapkan melalui sistem terkomputerisasi. Selain itu penulis juga dapat menerapkan ilmu yang telah didapat selama kuliah    2.    Bagi Hotel
            Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan bermanfaat bagi perusahaan untuk mengatasi masalah pengolahan data yang menyangkut pemesanan kamar pada Hotel. Selain itu juga, dengan adanya sistem informasi yang terkomputerisasi dapat meningkatkan efesiensi kinerja karyawan dalam pengolahan data tamu sehingga dapat bersaing dengan hotel-hotel yang sudah maju.



G.    Kerangka Pemikiran
        Setiap kinerja atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang pastinya mempunyai sistem tersendiri dan sistem ini sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan usaha dan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang. Menurut Sutabri (2003:9) “Sistem adalah sekelompok unsur yang erah hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.”
        Dalam suatu perusahaan juga harus mempunyai informasi yang jelas dan terarah. Informasi sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan suatu aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Menurut Jogiyanto (2005:8) “Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya”. Sedangkan menurut McLeod (2007:11-12) “Informasi adalah data yang telah diolah sehingga lebih bermakna. Infomrasi juga biasanya menyampaikan sesuatu yang baru yang belum diketahui oleh pengguna”.
        Dalam melaksanakan fungsi dan tujuan perusahaan, dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu kinerja perusahaan yang menyangkut dengan efektifitas dan efesiensi. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut dibutuhkan suatu sistem informasi yang terkomputerisasi dengan baik. Menurut Jogiyanto (2005:11) “Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi, dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan”.
        Suatu sistem informasi dikatakan efektif dan efesien apabila pengolahan data yang dilakukan sangat mempermudah karyawan dan pengolahan datanya memakan waktu yang singkat serta terintegrasi dengan sistem yang ada. Definisi sistem oleh Johnson, Kast dan Rosenzweig dalam Tatang (2003:9) “Suatu sistem adalah suatu kebulatan/ keseluruhan yang kompleks atau terorganisir; suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan/ keseluruhan yang kompleks atua utuh.”
        Dalam dunia saat ini perkembangan usaha sudah semakin kompleks dengan persaingan yang semakin kompleks pula yang mengharuskan seorang pimpinan untuk lebih jeli dalam mengatur dan mengelola strategi usahanya. Strategi tersebut bisa dilakukan dalam bidang sistem informasi yang ada di perusahaan tersebut yang menyangkut pengolahan data tamu. Untuk itu perusahaan harus mampu melakukan analisis sistem yang ada.
        Menurut Jogiyanto (2005:129) mendefinisikan anlisis sistem sebagai berikut:
            “Analisa sistem dapat didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikn dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang  terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya. “

        Dengan adanya analisis sistem yang terpadu dan terorganisir dengan baik maka akan menciptakan suatu sistem informasi yang baik pula untuk perusahaan. Sistem informasi yang baik dan efektif akan menunjang kinerja perusahaan dalam hal pelayanan kepada tamu hotel. Sistem informasi tamu hotel dapat diartikan juga sebagai sistem pegolahan data tamu hotel meliputi pengolahan data diantaranya data tamu, data kamar, data check in, data checkout, juga sebagai manipulai data, penyimpanan dan data persiapan dokumen untuk pengambilan keputusan yang dilakukan manusia dengan dibantu suatu alat yang berupa mesin komputer. Definisi hotel menurut Widana (2009:11) menyebutkan bahwa :
            “Hotel adalah satu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.”

        Pada Hotel  menyediakan berbagai macam fasilitas utama seperti misalnya penyewaan kamar, pelayanan makanan dan minuman serta pelayanan lainnya yang tujuan utamanya adalah untuk memuaskan pelanggan yang menginap di hotel agar hotel ini dapat berkembang dan dapat bersaing dengan hotel-hotel lainnya.




H.    Metode Penelitian
    1.    Bentuk Penelitian
            Adapun bentuk penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah bentuk penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu keadaan tertentu berdasarkan fakta dan data yang ada selama penelitian dilakukan.
    2.    Teknik Pengumpulan Data
            Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti antara lain:
        a.    Observasi, yaitu peneliti melakukan pengamatan langsung dilapangan dalam hal ini adalah pada Hotel untuk mendapatkan informasi untuk mendukung penelitian.
        b.    Wawancara, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara menanyakan langsung apa yang menjadi permasalahan kepada narasumber yang dianggap dapat memberikan data dan informasi yang akurat mengenai judul yang diangkat penulis.
        c.    Studi Kepustakaan, yaitu dilakukan dengan mengumpulkan berbagai macam literatur-literatur, buku referensi yang menyangkut teori-teori pendukung untuk melengkapi penulisan ini agar lebih akurat dan valid.


    3.    Teknik Analisis Data
            Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD) atau Diagram Aliran Data (DAD), Entity Relationship Diagram (ERD), kamus data, perancangan masukan dan perancangan keluaran untuk membantu penulis dalam proses penganalisaan data dari permasalahan yang ada.
    4.    Teknik Perancangan Sistem
            Teknik perancangan sistem yang digunakan dalam menganalisis dan merancang sistem informasi pemesanan kamar adalah menggunakan kamus data, perancangan database dan diagram hubungan entitas untuk membangun sistem informasi pemesanan kamar. Untuk merancang program penulis menggunakan web PHP MySQL

I.    Sistematika Penulisan
        Adapun sistematika penulisan skripsi ini yaitu terdiri dari 5 (lima) bab yaitu:
    BAB I     PENDAHULUAN
        Dalam bab ini berisi tentang latar belakang, permasalahan, pembatasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian serta teknik pengumpulan data.


    BAB II     LANDASAN TEORI
        Dalam bab ini berisi tentang teori-teori pendukung yang menyangkut dengan permasalahan yang diambil oleh penulis.
    BAB III     ANALISIS SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAMAR PADA HOTEL

        Pada bab ini membahas proses pengembangan perangkat lunak  pada tahan analisis perancangan sistem informasi.
    BAB IV     PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAMAR PADA HOTEL
        Pada bab ini membahas hasil yang didapat dari hasil analisis dan perancangan sistem infomasi. Pada bab ini juga berisi rincian pengujian sistem informasi pemesanan kamar pada Hotel.
    BAB V     KESIMPULAN DAN SARAN
        Pada bab ini merupakan hasil kesimpulan dan saran atas bahasan yang telah dibahas pada bab sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA


Jogiyanto, H. M. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Edisi Ketiga, Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi. Yogyakarta.

McLeod Jr, Raymond and Schell, Geogre. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Kesembilan. PT. Indeks: Jakarta

Sutabri, Tata. 2003. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Widana. 2009. Akuntansi Perhotelan (Pendekatan Sistem Informasi). Graha Ilmu: Jakarta

Drs. Tatang M. Amirin.2003. Pokok-Pokok Teori Sistem. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Hutabarat, Berrnaridho I., M.Sc., OCP. 2004. Pengelolaan Basisdata. Andi Offset: Yogyakarta

Pressman, Roger S., Ph.D. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak. Pendekatan Praktisi (Buku I). Andi Offset: Yogyakarta.
Jenner Simarmata. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak. Andi Offset; Yogyakarta


Ramakrishnan, Raghu & Jinannes Gehrke. 2003. Sistem Manajemen Database. Andi Offset: Yogyakarta

Yuhevizard. 2003. Database Management System Menggunakan Microsoft Access 2003. PT. Elex Media Computindo: Jakarta

Whitehorn, Mard & Billl Marklyn. 2003. Seluk Beluk Database Relasional. Erlangga: Jakarta

Arbie. 2004. Manajemen Database dengan MySQL. Andi Offset: Yogyakarta

Nugroho, Bunafit. 2005. Database Relasional dengan MySQL. Andi Offset: Yogyakarta

Bodnar, George. H. & William S. Hopweood. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Buku 1 Edisi kedelapan. Indeks PT. Gramedia: Jakarta

Firgiawansyah, Irwan. 2005. Tip Membangun Aplikasi Cantik dengan Menggunakan MS Visual Foxpro 9.0. Andi Offset: Yogyakarta

Tjahjadi, Djajasukma. 2004. Mengolah Data dengan Visual Foxpro 8.0. Andi Offset: Yogyakarta

Wahana Komputer Semarang. 2003. Panduan Aplikatif Pemrograman Visual Foxpro 7.0. Andi Offset: Yogyakarta

Fatta, Al Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Andi Offset: Yogyakarta

Sutanta, Edhy, ST. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Graha Ilmu: Yogyakarta

Darsono, Agustinus. 2001. Kantor Depan Hotel. Grasindo: Jakarta

Bartono & Ruffino. 2010. Hotel Supervision. Andi Offset: Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

Silahkan Anda berkomentar atau Anda juga bisa bertanya, dan akan dijawab sebisa mungkin..

Recent Posts With Thumbnails v3

Recent Posts With Thumbnails v3

Recent Posts With Thumbnails v3